Wednesday, February 7, 2024

Pertama Kali Ikut Ujian JTEST dan LULUSSS !!!



Hasil Ujian




Haaai
Haaaiii
Haaaiiiii

Dari kemarin seneng banget karena saya lulus ujian J-TEST Level A-C
Alhamdulillaaaah...

Bagi yang belum tau apa itu J-TEST  
J-TEST itu hampir sama seperti JLPT/Nouken. Ujian kemampuan bahasa Jepang yang sertifikatnya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan, mendapatkan beasiswa, ataupun melanjutkan sekolah ke Jepang.

Saat ini sertifikat J.Test bisa digunakan untuk persyaratan visa Kenshuu (magang), Tetapi belum bisa digunakan untuk persyaratan visa Tokutei Ginou.


Perbedaan J-TEST dan JLPT

Level/tingkat :
1. Level A-C : setara N1 dan N2 (minimal 600 poin)
2. Level D-E : setara N3 dan N4 
3. Level F-G : setara N5

Waktu pelaksanaan :
J-TEST diselenggarakan enam kali dalam setahun (bulan ganjil), sedangkan JLPT hanya dua kali yaitu di bulan Juli dan Desember.

Biaya pendaftaran :
JLPT  RP 225.000
J-TEST Rp 500.000

Jenis soal :
JLPT pilihan ganda - soal tidak boleh dibawa pulang
J-TEST pilihan ganda dan isian - soal boleh dibawa pulang (3 hari kemudian kunci jawaban bisa dicek di web)

Pengumuman hasil : 
JLPT sekitar 2 bulan pasca ujian
J-TEST sekitar 3 minggu pasca ujian


Poin kesetaraan J-TEST dan JLPT


Jadwal J-TEST 2024



Saya ikut J-TEST karena keperluan pekerjaan. Di kantor yang sekarang bagi karyawan yang punya sertifikat JLPT N2/N1 akan mendapatkan tunjangan yang nominalnya lumayaaaaaaaan. Lumayan saya bisa dapat gaji seperti waktu dulu kerja di Surabaya. Pihak perusahaan memperbolehkan ikut JLPT/J-TEST/NAT-TEST.

Kenapa gak ikut JLPT?
Saya telat daftarnya. Kehabisa kuota. Jadi JLPT Desember kemarin saya gak ikut. Padahal saya yakin lulus lhoo :P

Akhirnya Desember kemarin saya daftar ikut J-TEST. Kenapa J-TEST?karena di Jogja ada. Sedangkan kalau NAT-TEST adanya di Surabaya dan Jakarta. Kejauhan. 

15 Desember 2023 saya daftar J-TEST
14 Januari 2024 pelaksanaan ujian 
6 Februari 2024 pengumuman hasil
*sertifikat akan dikirimkan setelah 2 minggu pengumuman hasil ujian

-------


Next ikut ujian apalagi yaaaaa





No comments:

Sertifikat JTEST Pertamakuuu

Tepat tanggal 1 Maret kemarin sertifikat JTEST yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sertifikat dikirim menggunakan TIKI  ke alamat ...