Saturday, December 9, 2023

Pengalaman Ikut Ujian SSW/Tokutei Ginou


Hai 
Masih tentang momen yang saya anggap istimewa yang terjadi tahun 2023. Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya mengikuti tes SSW. Ya , tes SSW ! 
---- 
Apa itu SSW? 

SSW – Specified Skilled Worker dalam Bahasa Jepang disebut Tokutei Ginou, disingkat TG. Program yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Jepang dengan menerima tenaga kerja asing. Program ini disahkan sejak tahun 2019. Program SSW ini memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti pekerja Jepang. Jadi berbeda dengan program magang. 

 Waaah. Tertarik kaaan T.T 

Syarat ikut SSW : 
1. Punya sertifikat SSW (keahlian sesuai bidang pekerjaan) 
    - Care giver - Pertanian - Pengolahan Makanan - Layanan Restoran - Peternakan dll 
2. Punya sertifikat JFT A2/JLPT N4 (kemampuan bahasa) 


Karena saya sudah memiliki JLPT N3 (syarat poin nomor 2) jadi yang harus saya siapkan selanjutnya adalah ikut tes ujian SSW sesuai bidang pekerjaan (syarat poin nomor 1). 

Karena suka makan dan jalan-jalan akhirnya saya memilih ujian bidang Pengolahan Makanan (飲食料品製造業) dan Restoran (外食業) 


Cara ikut ujiannya bagaimana? 

1. Reservasi ujian, kapan dan di mana kita akan melaksanakan ujian https://ac.prometric.-jp.com/testlist proses reservasi ujian ini proses yang paling butuh kesabaran menurut saya. Karena banyak kursi yang sudah habis padahal pendaftaran baru dibuka. Banyak calo-calo menyebalkan yang ujung-ujungnya kita butuhkan 

 Juli, saya reservasi untuk ujian bidang restoran alhamdulillah masih jadwal yang di Surabaya masih tersedia meskipun tanggal pelaksanaannya mengharuskan saya cuti. 

 Agustus, mau reservasi untuk ujian pengoahan makanan tapi saya salah baca tanggal jadinya kehabisan dan tidak kebagian kursi. Mau gak mau akhirnya saya reservasi ujian menggunakan jasa orang lain yang pastinya lebih mahal. Tapi alhamdulillah dapat juga kursi yang di Surabaya. Meskipun harganya lebih mahal 150ribu dari harga aslinya. 

2. Belajar belajar belajar
 - Baca modul yang bisa kita download secara gratis di web prometric. Jadi jangan mau kalo ada yang nawarin suruh belii. Di google juga banyak. Kecuali kalau memang niat buat sedekah yaaaa silahkan. 

- Latihan soal di youtube 

- Luangkan waktu di manapun dan kapanpun Utuk persiapan ujian ini saya tanya pengalaman beberapa siswa ujiannya bagaimana. Rata-rata menjawab kalau soalnya mudah hanya perlu dilogika saja. Haah emang iya segampang itu? 
Tapi ada juga yang bilang harus menghafalkan nama-nama bakteri dalam Bahasa Jepang? Haah emang iya sesulit itu T.T 
Hampir menyerah awalnya. Mereka juga belajar materi ujian hanya dua minggu bahkan ada yang jawab hanya 2 hari??!! 
 Ok fine ! berarti saya juga bisa. Intinya adalah luangkan waktu untuk baca modulnya maupun lihat video pembahasan soal di youtube. 


3. Jaga Kesehatan, tetap tenang, dan minum kopi 
Waktu ujian bulan Agustus (restoran) alhamdulillah lancar, normal. Everything was easy. 

Beda sama ujian di bulan September yang jadwal ujiannya pas seminggu pasca saya operasi T.T paginya saya kontrol ke rumah sakit, siang langsung berangkat ke tempat T.T mau saya batalin tapi itu hari yang saya tunggu-tunggu. Saya sudah persiapan belajar ini itu. Belum tentu juga bisa dapat jadwal lagi. 

Sepanjang jalan kepikiran gimana kalau nanti di tempat ujian saya gak bisa duduk sempurna, banyak gerak, dikira nyontek terus didiskualifikasi. Gimana T.T Cuma bisa berdoa. Kalau memang jalannya lulus ujian ini ya lulus.
Ok !!
Sampai tempat ujian entah kenapa saya tidak merasa kalau saya sedang sakit. Saya bisa mengerjakan dengan lancar. Meskipun ada beberapa soal yang yaaaah lupa jawabannya tapi LULUS !! Everything was easy. 

Jadi pengen nyanyi bareng bang Chris Martin

 Nobody said it was easy……. No one ever said it would be so hard…… 

---- 

 *ujiannya pakai CBT dan hasil bisa diketahui saat itu juga 
*sertifikat terbit hari berikutnya (24 jam setelah ujian kalo gak salah) 
*ujian SSW di Surabaya dilaksanakan di KAPLAN EDUPAC 


---
Alhamdulillah dapat juga sertifikatnya. Meskipun sampai saat ini belum terpakai, tapi saya menikmati proses mendapatkannya. 

Terima kasih kopi gula aren point coffee. Saya gak ngantuk dan bisa tetap fokus. 
Terima kasih kepada bapak gojek sudah mengantarkan saya, terima kasih doanya 
 Terima kasih kepada orang-orang yang mengispirasi saya untuk terus belajar 



Sending you love and hug, 



 Mia
🖤

No comments:

Sertifikat JTEST Pertamakuuu

Tepat tanggal 1 Maret kemarin sertifikat JTEST yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sertifikat dikirim menggunakan TIKI  ke alamat ...