Tuesday, December 5, 2023

Medical Check Up di Klinik Ultra Medica Surabaya


Haai

Hari ini saya mau cerita tentang pengalaman Medical Check Up (MCU) di Klinik Utama Ultra Medica Surabaya. 

MCU ini merupakan bagian dari rangkaian tahapan seleksi karyawan baru di tempat kerja saya yang sekarang. Setelah dinyatakan lulus tes mengajar, saya dapat email yang isinya offering letter dan jadwal MCU. 

Awalnya MCU dijadwalkan tanggal 25 September 2023 di Klinik Ultra Medica Surakarta yang merupakan rekanan dari perusahaan. Tapi karena 25 September saya masih dalam masa pemulihan pasca operasi dan tanggal 26 ada jadwal tes SSW akhirnya nego ke pihak HRD untuk reschedule, alhamdulillah diperbolehkan dan MCU akan dilaksanakan tanggal 4 Oktober.

Beberapa hari kemudian saya baru sadar kalau awal Oktober adalah jadwal menstruasi. Seperti dugaan saya, tanggal 4 Oktober saya mens dan untuk kedua kalinya jadwal MCU harus reschedule padahal tgl 16 Oktober sudah ahrus masuk kerja. 

Saya yang awalnya semangat mau MCU di Surakarta biar sekalian jalan-jalan, karena beberapa kali reschedule jadi males duluan. Dengan berbagai pertimbangan, diskusi dengan keluarga akhirnya saya memutuskan untuk MCU di Surabaya.

Saya kontak pihak HRD apakah boleh MCU dilakukan di Surabaya tanpa saya harus datang ke Surakarta, ternyata boleh. Tapi beliau menjelaskan kalau dilakukan di klinik/lab yang bukan rekanan harganya lebih mahal dan biaya lebihnya ditanggung sendiri. Pihak perusahaan hanya mengganti sesuai yangbsudah dijelaskan sebelumnya.

Siaap bu, tidak masalah.

Harganya memang hampir dua kali lipat dibandingkan dengan MCU di klinik rekanan tapi sama saja kalau saya ke Surakarta juga butuh biaya kereta, hotel, makan, jajan dll 

Kesan melakukan MCU di Klinik Ultra Medica Surabaya

1. Pelayanan dan Harga gak kalah dengan yang lain. Dari sekian klinik yang saya hubungi, klinik ini yang responnya cepat, informatif dan range harganya tidak terlalu mahal dan gak murah juga. 

2. Melayani MCU biasa dan MCU untuk TKI atau orang yanga akan bekerja atau belajar ke luar negeri. Bisa dibilang ini alasan utama saya pilih klinik ini. Penasaran. Baru tau ada klinik yang melayani khusus pemeriksaan orang yang mau kerja/belajar ke luar negeri. Daaan waktu hari H pemeriksaan saya yang harusnya pemeriksaan MCU umum entah kenapa diarahkan ke bagian MCU khusus TKI. Mungkin karena saya menyebutkan pekerjaan saya adalah mengajar siswa yang akan ke JEPANG jadi mengiranya saya yang akan ke Jepang T.T 

Dari segi pemeriksaan tidak ada bedanya dengan MCU biasanya. Pemeriksaan fisik, cek darah, foto thorax semuanya sama. Bedanya kalau yang TKI ada vaksin maupun form khusus sesuai negara yang dituju. Waktu itu saya liat mbak-mbaknya pegang lembaran form kesehatan berbahasa Jepang. Waaah kayak kenal :P

3. Baru sadar kalo Klinik Ultra Medica adalah klinik rekanan dari perusahaan yang sekarang. Jadi saya selama ini waktu baca email saya tidak memperhatikan nama kliniknya haha. Waktu di bagian pendaftaran saya hanya menyampaikan akan  MCU untuk keperluan kantor. Harusnya MCU di cabang yang di Surakarta tapi bla bla bla. Setelah cerita panjang lebar, mbak-mbak petugasnya inisiatif telpon cabang yang di Surakarta konfirmasi mengenai perusahaan saya. Daaaaaaan alhamdulillaah saya dapat harga rekanan #terharu 

4. Bisa konsultasi dengan dokter. Tidak hamaya pemeriksaan lab tapi kita juga ada pemeriksaan dari dokter dan kosultasi juga. Waktu pengambilan hasil MCU, Hb saya rendah. Oleh petugas saya diarahkan untuk konsultasi ke dokter. Ngobrol banyak sama dokternya dan dikasih resep. Thank you dok. 

5. Hasil yang berupa softfile dikrim via WA dalam bentuk PDF. Sedangkan hardfilenya harus diambil langsung. 




Seneng rasanya bisa MCU sambil dapat pengalaman baru bertemu dengan orang-orang yang akan berjuang menjadi pahlawan devisa. Sehat selalu semuanya.


Sending you love and hug,

Mia
🖤

No comments:

Sertifikat JTEST Pertamakuuu

Tepat tanggal 1 Maret kemarin sertifikat JTEST yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sertifikat dikirim menggunakan TIKI  ke alamat ...