Sunday, March 12, 2023

夢を なぞって❗

Thank God,
Akhirnya nemu youtube channel yang bisa bikin saya tertarik belajar bahasa Jepang lagi.

Biasanya selama ini males mau belajar bahasa Jepang lagi, sudah merasa bisa. Gak ada target juga mau belajar bahasa Jepang lagi untuk apa. Toh yang digunakan untuk mengajar di kelas hanya bahasa Jepang dasar bab 1-13, bisalah. 

Nyaman sekali hidup saya. Saking nyamannya sudah gak mau lagi coba/belajar hal baru. 

Tapi tapi tapi
Melihat teman-teman di luar sana yamg masih berusaha cari kerja, mereka semangat sekali upgrade kemampuan bahasa Jepang maupun kemampuan lainnya. 

Memang ya, zona nyaman membuat orang lengah. "Ya udah deh, gini aja gue juga udah digaji".
Beda sekali waktu dulu belum dapat kerja, "belajar apalagi ya? Pelatihan apalagi ya?"gitu.

Inget banget dulu waktu mau habis kontrak kerja di Bontang, setiap hari belajar belajar belajar belajar buat persiapan tes JLPT N3 karena saya sadar kalo cari kerja di Jawa pasti sertifikat itu dibutuhkan. 

Berbekal semangat dan niat gimana caranya bisa dapat kerja dan bisa biayain orangtua, eeh lulus juga N3 🥹 padahal cuma berbekal buku fotokopian karena dulu belum kenal youtube channel atau belajar online seperti sekarang.

Nah, kenapa dulu cuma berbekal buku fotokopian dan belajarnya hanya beberpa bulan bisa lulus N3 dalam sekali coba?
Kenapa sekarang fasilitas semua ada tapi N2 sudah coba berkali-kali gak ada yang lulus juga?

Jawabannyaa adalaah...
Jeng..jeng..jeng...
Niatnya kurang
Iya saya niatnya kurang

Selama ini niat ikut N2 biar dapat reward dari kantor. Jadi gak yang benar-benar merasa butuh "aku harus lulus, pokoknya aku harus lulus"
Beda banget waktu ikut N3 dulu, keinginan buat lulusnya besar dan kuat, "ayo Mia bisa, biar bisa segera dapat kerja. Demi keluarga ini demi.....!"
Secara emosional beda kan. Dan itu pengaruh sekali kepada semangat belajar saya 🫠






今を 抜けて、明日を 先へ
....
辿り着きたい 未来へ

:)


No comments:

Sertifikat JTEST Pertamakuuu

Tepat tanggal 1 Maret kemarin sertifikat JTEST yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sertifikat dikirim menggunakan TIKI  ke alamat ...