Thursday, September 14, 2023

Perpanjangan Paspor di ULP Ciputra World Surabaya

Haai

Hari ini saya cuti lagi karena sedang pemeriksaan di rumah sakit. Sambil nunggu antrian dokter saya mau cerita tentang pengalaman perpanjangan paspor di Unit Layanan Paspor Ciputra World Surabaya (selanjutnya saya singkat ULP Ciputra World). 

Sebenarnya saya agak bingung harus menggunakan istilah perpanjangan paspor atau pembaharuan paspor ya. Karena ada beberapa yang bilang kalau masa berlaku paspor itu tidak bisa diperpanjang tapi buat baru dari awal, makanya isitilahnya pembaharuan paspor bukan perpanjangan paspor. Tapi karena banyak yang menggunakan perpanjangan jadi saya pakai ini saja. Kalau ada petugas imigrasi yang baca mohon koreksinyaa.
--------

Kenapa di ULP Ciputra World?

Alasan saya memilih perpanjangan paspor di ULP Ciputra world?
1. Karena kemarin saya mengajukan paspor biasa , bukan e-paspor jadi saya tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Imigrasi yang di dekat bandara Juanda
2. Sudah sering main ke Ciputra World jadi udah kayak kenal aja gitu. Udah bukan tempat baru. Merasanya lebih nyaman. Tau harus parkir di mana, tau tempatnya di mana, sudah bisa memperkirakan haru berangkat jam berapa dll
3. Bisa ngadem dan ngopi.

Karena tempatnya di dalam mall jadi jam bukanya mengikuti jam buka mall. Saya dapat antrian jam 10.00 WIB sampai mall jam 09.30 suasana mall masih gelap. Jadi keingat drama Master's Sun yang di mall ada hantunya. Pikiran udah kemana-mana haha. 

Waktu sampai di kantor imigrasi ternyata udah rame orang yg antri. Padahal kantornya belum dibuka. 
-----


Karena ada larangan dilarang memotret, jadi saya gak berani ambil foto di dalam. Padahal sebenarnya ingin foto suasanan di dalam untuk dokumentasi dan bisa saya post di blog. 

-------
Berikut langkah-langkah perpanjangan paspor di th 2023 :
1. Ambil nomor antrian dan jadwal kedatangan secara online
  - Download M-paspor
  - Isi data diri dan upload dokumen yg diperlukan (siapkan dokumen seperti KK, KTP, Akta Kelahiran, Ijazah, Surat Nikah dll.)
  - Pilih kantor imigrasi terdekat (dan ternyaman)
  - Bayar 
    *sekarang bayarnya langsung pas daftar online (bisa lewat Tokopedia dll). Kalo dulu kan bayar setelah wawancara di kantor imigrasi. 
  - Selesai
2. Datang sesuai jadwal 
   - Pakai baju sopan, bersepatu
   - Bawa berkas/dokumen yg sudah diupload waktu pendaftaran online
   - Bawa bulpen (biar gak pinjem-pinjem)
   - Waktu sampai kantor imigrasi nanti akan dikasih map dan formulir oleh petugas. Karena saya perpanjangan jadi yang dimasukkan ke dalam map adalah formulir tadi dan paspor lama
   - Penyerahan berkas
   - Wawancara
     *kalau ada dokumen yang kurang petugas akan menginstruksikan untuk dikirim via email. Jadi gak perlu datang ke kantor imigrasi lagi cuma buat ngumpulalin dokumen yang kurang. Seneng gak tuh 😇
3. Pengambilan paspor
   - Paspor baru akan jadi dalam 3 (tiga) hari kerja
     * kalo ada case tertentu seperti ganti nama atau pemotongan seperti saya kemarin jadinya bisa sampia 7 hari kerja atau lebih
     * hubungi WA resmi imigrasi untuk konfirmasi apakah paspor kita sudah jadi atau belum
   - Ambil paspor dg membawa KTP dan Bukti Pengantar Pembayaran. Pengambilan paspor boleh diwakilkan dengan orang yang satu KK
4. Siap terbang ✈️

Saya mengajukan paspor tgl 28 Agustus, tgl 5 September konfirmasi via WA katanya paspor saya sudah siap diambil. Yaaaay.  

-----

Let me take a mirror selfie



Pengalaman perpanjangan paspor di th 2023 dan th 2018 dulu agak berbeda. Sekarang saya merasa lebih cepat dan gak ribet. Imigrasi kaizennya luar biasa. Thanks to perkembangan teknologi jugaa. 

Petugas imigrasi di ULP Ciputra World juga ramah. Ramah di sini maksudnya para petugas menjawab semua pertanyaan saya dengan baik, senyum, gak kelihatan jutek atau males-malesan.

Semoga kantor-kantor lain juga gitu.

---

Unit Layanan Paspor Ciputra World, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya
Jl. Mayjend Sungkono No.89, Dukuh Pakis, Surabaya 

               (Ada di lantai 4 - melewati Solaria)

No comments:

Sertifikat JTEST Pertamakuuu

Tepat tanggal 1 Maret kemarin sertifikat JTEST yang saya tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Sertifikat dikirim menggunakan TIKI  ke alamat ...